07/05/2021

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Asuransi Online Agar Anda idak Menyesal


Tak hanya produk keuangan dalam bentuk pinjaman saja yang sekarang ini banyak ditawarkan secara online. Melainkan sekarang ini produk asuransi juga sudah banyak dijual secara online. Sehingga masyarakat nantinya bisa semakin dipermudah jika seandainya ingin membeli produk keuangan tersebut. Beli asuransi online memang cenderung lebih praktis, bahkan cukup dari rumah saja, maka nantinya Anda sudah bisa pilah-pilih produk bahkan juga mengajukan pembeliannya. Di masa pandemi seperti sekarang ini fasilitas tersebut tentunya juga menjamin keamanan dalam pembelian bukan.

Hanya saja memang tidak semua asuransi dijual secara online, kebanyakan diantaranya adalah produk asuransi kesehatan yang memang dibutuhkan oleh semua orang. Faktanya jika melihat dari segi harga jual ini sendiri, maka asuransi online ditawarkan dengan premi yang relatif begitu murah. Tentunya semakin menarik bukan, karena memungkinkan Anda untuk mendapatkan produknya tanpa harus keluar terlalu banyak uang. Hanya saja di balik itu semua resikonya sudah pasti ada, karena terkadang perusahaan yang menerbitkan kurang jelas, kesulitan klaim juga mungkin akan Anda alami.

Untuk itu maka perhatikan dulu hal-hal ini sebelum Anda memutuskan untuk beli asuransi online ini, agar tidak sampai menyesal, yaitu:

  1. Cek kredibilitas perusahaan penerbitnya, jangan sembarangan membeli hanya karena tergiur dengan tawaran harga murah, namun lihat juga perusahaan yang mengeluarkan asuransi tersebut apakah sudah benar-benar dijamin keamanannya. Anda harus tahu seluk beluk atau background perusahaan, mulai dari alamat kantornya, apakah sudah terdaftar di dalam OJK ataukah belum dan sejenisnya jika tidak ingin menyesal. Tak kalah penting juga harus memastikan mengenai kondisi kesehatan keuangan perusahaan tersebut.
  2. Lihat manfaat apa saja yang akan didapatkan, jangan asal membeli, sebagai konsumen yang cerdas maka Anda harus mengetahui manfaat apa sajakah yang bisa didapatkan dari produk asuransi tersebut. Apalagi tak jarang dari segi manfaat yang diberikan oleh asuransi online ini sering kali terbatas.
  3. Banding-bandingkan, jangan hanya terpaku pada satu perusahaan saja, melainkan alangkah baiknya bagi Anda jika seandainya mencari beberapa pilihan produk asuransi yang sama sekaligus, kemudian dapat membanding-bandingkan antara manfaat yang diberikan disertai dengan nilai premi yang harus dibayarkan. Dengan demikian maka nantinya Anda juga tidak akan menyesal membeli produknya.
  4. Lihat premi yang ditawarkan, berbicara mengenai preminya sendiri memang bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya asuransi online ini menawarkan harga yang jauh lebih hemat dibandingkan dengan asuransi konvensional. Itulah mengapa maka nantinya Anda bisa lebih hemat dari segi biaya. Namun harus tetap disertai dengan mengecek kondisi keuangan atau income Anda. Apakah dengan nilai tersebut masih aman untuk keuangan ataukah tidak.
  5. Ketahui bagaimana prosedur klaimnya, karena produknya ditawarkan secara online, maka biasanya sistem klaim juga dilakukan secara online. Anda harus mengetahui hal ini sehingga nantinya tidak akan kesulitan jika seandainya tengah membutuhkan manfaat dari asuransi tersebut. Apa saja syarat-syarat pengajuan klaim dan juga bagaimana tata caranya.

Pada dasarnya memang ada begitu banyak nilai plus dalam beli asuransi online ini. hanya saja untuk resikonya juga sebanding jika seandainya Anda asal dalam memilih perusahaan yang menerbitkannya. Karena bisa saja pemilihan perusahaan yang salah akan membuat uang premi Anda lenyap begitu saja. Pastikan yang sudah benar-benar terbukti keamanannya diantaranya adalah dari I Love Life.