01/03/2021

31 Kuliner Bandung Murah, Enak Dan Hitz! Wajib Dicoba!

Bandung menjadi salah satu kota yang banyak banget kulinernya. Terus apa nih yang harus dicoba? berikut 31 kuliner bandung yang bisa kamu cicipin:

Cemilan / jajanan di Bandung
1. Sumber Hidangan

Bakery Sumber Hidangan
Sumber: Dipotret Penulis Roti yang Ku Pesan
Sumber: Dipotret Penulis Pingin cemal cemil kue ah.. Bakery ini terlihat udah old banget dari interiornya, ternyata udah berdiri dari tahun 1929 loh! Seru, di sini yang ngelayanin orang tua semua, ga ada yang anak muda. Menarik..

Banyak pilihan kue kering dan roti yang siap di cicipin. Bingung mau cicipin yang mana karna kata ibunya enak semua. Akhirnya cobain boterbrood, brown basket, dan roti susu. Overall semuanya enak. Kalau kata temen gue, kue dan roti di sini enak dan klasik. Untuk harganya mulai dari 6rb. Lokasinya ada di jalan Braga, buka jam 10 sampe sore hari. Mau tau lokasi lebih jelasnya? Klik hyperlink ini ya.

2. Es Cendol Elisabet

Es Cendol Lisabet
Sumber: Dipotret penulis Es Cendol Lisabet
Sumber: Dipotret penulis Es cendol elizabeth salah satu jajanan yang wajib dicoba ketika berada di kota Bandung. Agak kesusahan nih gue cari es cendol yang ada tulisan elisabetnya. Setelah berkeliling akhirnya dapet juga nih cendol. Menurut gue cendolnya hampir sama kaya cendol biasa cuman kuah santennya lebih berasa dan cendolnya kenyel. Potongan nangka bikin makin enak! harganya 5rb/gelas.

Mau cobain es cendol pusatnya? klik link ini ya.

3. Tahu Susu

Tahu Susu
Sumber: Dipotret Penulis Tahu Susu
Sumber: Dipotret Penulis Tahu susu juga jadi salah satu jajanan yang wajib di cobain. Malah banyak restoran yang jual tahu susu untuk oleh-oleh. Kali ini gue nemu tahu susu di Lapangan tegallegang. Rasanye empuk!! Aku suka. Harganya 1rb/pcs. Kalau kamu mau coba juga klik lokasinya di sini.

4. Batagor

Batagor Giant Suci
Sumber: Dipotret Penulis Batagor.. hem.. kayaknya semua orang udah pada tau kalau batagor jadi salah satu jajanan khas Bandung. Banyak restoran yang menyediakan menu batagor, tapi ga semua restoran menyajikan batagor yang enak. Kali ini gue mau cobain batagor gerobakan. Posisinya deket itenas, lebih tepatnya di Giant suci sebelah itenas. Menurut gue batagornya crispy, berasa alias ga hambar dan sambel kacangnya juga enak. Harga perporsi 14rb isi four potong. Mau cobain? klik lokasinya di sini.

5. Bakso Cuanki dan Batagor Serayu

Bakso Cuanki dan Batagor Serayu
Sumber: Dipotret Penulis Bakso Cuanki dan Batagor Serayu
Sumber: Dipotret Penulis Masih seputar batagor, katanya batagor di sini enak dan rame banget! malah kalian bisa ga kedapetan tempat duduk loh. Gue pesen batagor 1/2 porsi yang isinya baso goreng, tahu, dan pangsit. Menurut gue baso dan tahunya biasa aja, sambel kacangnya juga biasa aja, tapi pangsitnya enak crispy. Kalau untuk cuankinya menurut gue biasa aja, tekwannya juga ga ada rasanya. Secara keseluruhan biasa aja rasanya. Harga perporsi bakso cuanki 17rb, untuk 1/2 porsi batagor harganya 10rb. Mau cobain? klik lokasinya di sini.

6. Kue Balok

Kue Balok Pak Obos yang Tipis
Sumber: Dipotret Penulis Nah kalau ini sih cemilan malam hari. Gue udah pernah makan kue balok di 2 tempat. Pertama di Kang Didin dan Pak Obos. Menurut gue lebih enak Kang Didin soalnya kalau Pak Obos kue baloknya tipis. Dikedua tempat juga sama sama rame guys.. jadi mohon bersabar. Gue biasanya pesen kue balok half of mateng. Harga per pcs kue balok mulain Rp3.500-an. Jadi mau cobain yang mana? Kang Didin lokasinya di sini dan Pak Obos di sini.

7. Roti Duti

Roti Duti
Sumber: Dipotret Penulis Masih seputar cemilan berbahan dasar tepung. Gue cobain ini karna dekat dengan penginapan gue, jadinya mau cobain. Gue pesen roti isi worst, sosis sapi, ayam crispy, dan telor. Ohiya, di sini ga cuman roti, ada bubur juga. Jadi, kalau mau sarapan pagi bubur bisa tuh. Menurut gue rotinya biasa aja sih.. gak ada yang special. Mungkin kalau sausnya lebih bervariasi akan lebih enak kaya jiwa toast. Harga untuk roti yang asin rata-rata 20rban. Mau tau lokasinya? klik di sini.

eight. Ronde Jahe Gardujati

Ronde Gardujati
Sumber: Dipotret Penulis Bandung di malam hari itu dingin, enaknya sih makan yang anget-anget. Malam ini gue mau coba ronde yang terkenal diantara para blogger. Emang seenak apa sih ronde ini (gue pecinta ronde). Gue kira tempatnya gede, ternyata seperti gerobakan di pinggil jalan. Karna keabisan kembang tahu, jadinya gue cobain ronde besar campur (isiian kacang dan durian) dengan kuah gula merah.

Menurut gue rondenya lumayan enak dan empuk. Mungkin yang bikin empuk karna rondenya dibuat langsung. Tapi gue kurang suka sama kuahnya karna terlalu manis. Harganya mulai dari 18rb satu porsinya. Mau tau lokasi? klik hyperlink di sini.

Suka kuliner dan mau ke semarang? buka blog ini.

Cafe di Bandung
9. Gormeteria

Spot Instagramable
Sumber: Dipotret Penulis Makanan dan Minuman di Gormeteria
Sumber: Dipotret Penulis Bandung… ga pernah ada habisnya buat kulineran. Salah satunya hal yang ga pernah abis adalah jajalin cafe yang ada di setiap sudut Bandung. Kali ini gue tertarik dengan variasi makanan yang ada di Gormeteria.

Kita pesen particular lunch chow chow beef with sambal matah sama crabby louie untuk makan beratnya. Dessertnya milo dino mille crepes dan es podeng cake. Minumnya mix berry mojito, banana berry dan milkshake strawberry. Menurut gue semuanya good! ga ada yang failed. Apalagi crepes milo, bener bener gentle dan ga terlalu manis. Mantep deh ???? mau ke sini lagi buat coba menu yang lain. Mau tau lokasinya? klik hyperlink di sini.

10. Delicacies

Tampak Dalam Cafe
Sumber: Dipotret Penulis Red Velvet Crepe Cake
Sumber: Dipotret Penulis Kalau lagi di Bandung harus cobain cafe yang instagramable. Abis makan siang pasti kalian pingin ngemil lucu. Setelah cari di instagram traveloka eats tertarik sama delicacies.

Tempatnya ga terlalu luas dan ada yang out of doors. Gue pribadi suka sama interiornya, karna gak berlebihan, easy dan yang pasti terang. Cafe terang itu enak buat foto. Untuk makanannya gue mau cobain red velvet crepe cake yang berlayer layer. Menurut gue cakenya enak, karna ga terlalu manis. Harga cakenya 31rb/ slice. Ohiya di sini juga ada musola loh. Mau tau lokasinya? klik link di sini.

11. One Eighty Coffee & Music

Foto Bareng Sahabatku
Sumber: Dipotret abang” Makanan yang Kita Pesan
Sumber: Dipotret Penulis Gak cuman cafe instagramable, Bandung juga punya cafe yang unik. Salah satunya cafe ini. Kita bisa menikmati makanan di dalam kolam renang tanpa harus bawa baju ganti. Waduh gimana tuh? Konsep tempat makan yang berada di dalam kolam renang menjadi daya tarik para pendatang, karena memberikan expertise yang unik.

Untuk minum dan makanannya, total enak. Pizza quatro yang paling teringat. Enak, crispy, dan saus yang disediakan bikin makin enak. Harga pizza 62rb/8potong (medium). Kamu kepo sama tempat ini? klik link di sini.

12. Utara Cafe

Senja di Utara Cafe
Sumber: Dipotret Penulis Makanan di Utara Cafe
Sumber: Dipotret Penulis Masih seputar cafe, kalian harus coba ke café yang ada di daerah lembang, biar bisa liat kerlap kerlip kota bandung dari atas. Cafe yang gue pilih untuk menikmati senja sore ini adalah Utara café. Menurut gue cafe ini biasa aja. Interior dan menu makanannya standart. Mungkin cafe ini lebih enak untuk di nikmati sore hari. Harga yang ditawarkan masih terbilang murah. Mau tau lokasinya? klik link di sini.

13. Warung Kopi Purnama

Kopsus dan Rotgulsis
Sumber: Dipotret Penulis Buryam Gerobak Depan
Sumber: Dipotret Penulis Cafe yang satu ini udah berdiri sejak 1930. Katanya kalau kalian beruntung bisa sarapan bareng Gubernur Ridwan Kamil loh. Gue datang ke sini pagi hari, dengan tujuan sarapan. Jam 9 pagi aja udah rame loh, tapi tenang banyak tempat duduk kok, walau dari depan terlihat kecil warung kopinya.

Gue pesen kopi susu panas, roti gulung sosis dan bubur. Kalau kalian pesen bubur ayam, nanti ditanya mau bubur dari sini atau bubur gerobak depan. Tapi banyak yang pesen buryam dari gerobak depan. Menurut gue rasa roti gulung sosis seperti roti pada umumnya, buburnya terlalu asin tapi gurih, dan untuk kopinya enak. Tapi kopinya sturdy banget.. kalau kamu ragu, lebih baik ga usah. Gue cukup degdean abis itu. Gue menghabiskan 65rb udah three menu. Mau tau lokasinya? klik hyperlink di sini.

Sarapan Pagi di Bandung
14. Bubur Ayam Gibbas

1/2 porsi Bubur Ayam Gibbas
Sumber: Dipotret Penulis Hayo mau sarapan apa hari ini? Cobain bubur gibbas aja yuk. Karna males keluar, gue pesen lewat online. Gue pesen 1/2 porsi komplit + ati. Ternyata half of porsi aja udah banyak. Menurut gue buburnya asin, gurih, enak deh, bikin nagih. Cakwenya juga enak. Gue pesen pake seize meals harganya 21rb. Untuk lokasinya? klik hyperlink di sini.

15. Lontong Kari Kebon Karet

Gang Lontong Kari Kebon Karet
Sumber: Dipotret Penulis Lontong Kari
Sumber: Dipotret Penulis Tempat makan ini agak berbeda, karena berada di dalam gang Kebon Karet. Tempatnya kecil karna berada di dalam rumah. Parkirnya di mana? Tenang di depan gang ada penunjuk arah kok untuk parkir motor dan mobil. Pilihan menunya ada lontong kari spesial dan mie kari spesial, kali ini kepo sama lontong karinya.

Ga butuh waktu lama makanan udah dianter. Mantep nih pelayanannya. Porsinya buanyak banget. Rasanya?juara! semua part di satu mangkok ini enak semua. Apalagi kuahnya, sedep banget! Rasanya mau diseruput semuanya. Harga perporsi 25rb. Mau cobain kelezatannya juga? klik hyperlink di sini.

sixteen. Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

Tampak Depan Resto
Sumber: Dipotret Penulis Paketan Nasi Merah
Sumber: Dipotret Penulis Kali ini mau sarapan di restoran yang hanya menyajikan menu makanan dari tumbuhan. Mungkin lebih acquainted dengan restoran vegan. Di sini ada menu satuan dan paketan. Kalau paketan isinya Nasi putih/merah + 4 menu sayuran baris 1 dan 2 yang ada di prasmanan. Kalau kalian mau menu yang di baris ke-3 berarti ada biaya tambahannya. Untuk minumannya ada air putih free.

Gue banyak cobain menunya nih.. semuanya enak dan recent! Aduh pingin cobain yang lain. Ada yang unik, gue makan sate, satenya tuh rasanya enak banget! Legitnya kaya makan ayam padahal dari jamur. Mahal ga sih? Kalau makan paketan pake nasi putih harganya 15rb, nasi merah 18rb. Sehat dan murah. Recommend bangetlah! mau coba? klik hyperlink di sini.

Makan Siang di Bandung
17. Lotek Mahmud

Lotek di Bungkus
Sumber: Dipotret Penulis Makan siang kali ini mau makan lotek. Awalnya ragu, karna susah parkir mobil dan posisi tempat makannya di dalam gang kecil. Gue pesen lotek, terus ditawarin mau tambah tahu ga? harganya 2rb. Wah saya cinta tahu. Jangan kaget ya kalau isinya cuman sayuran. Pas dicobain omg aku cinta 🙁 rasanya enak! suka karna rasanya manis dan seger. Bumbunya lebih enak dari pada lotek andalan gue bu bagyo yang ada di Jogja. Harganya 21rb. Mau cobain? klik hyperlink di sini. Jangan ke sorean karna tutupnya jam four pm.

18. Nasi Padang Malah Dicubo

Dibawa Pulang
Sumber: Dipotret Penulis Makan siang nasi padang enak kali ya.. Kata temen gue, nasi padang ini wajib dicoba! rasanya padang banget. Posisinya ada di belakang stasiun Bandung. Sempet kebingungan untuk parkir karna gue bawa mobil. Pas sampe tempat makan agak kaget ya, rame banget sampe antriannya nguler. Karna rame banget dan tempatnya kecil, gue memutuskan untuk take away aja.

Yang hits itu sambel ijo, jadi pesen ayam sambel ijo. Untuk rasanya gimana nih kalau udah ga anget? enak bangget! Semuanya enak!! Aaah suka banget lahh!! next harus cobain dendeng sambel ijo, katanya lebih enak lagi. Harga paket ayam sambel ijo 25,5rb. Pingin coba ya? klik link di sini.

19. Iga Bakar si Jangkung

Iga Bakar si Jangkung
Sumber: Dipotret Penulis Sebelumnya, gue biasa aja dengan daging. Mampir ke sini karna iga bakar ini hits dan teman teman gue pada pingin cobain. Oke, buat yang suka daging dikecapin pasti suka. Menurut gue pribadi rasanya biasa aja, seperti daging di kasih mentega dan kecap, tapi untuk tingkat ke empukannya, empuk kok. Harganya 35rb/porsi. Mau tau lokasinya? klik link di sini.

20. Mie Ayam Baso Cipaganti

Take Away Mie Ayam
Sumber: Dipotret Penulis Posisi mie ayam ini dekat dengan Iga Bakar si Jangkung, jalan kaki bisa kok. Sebenernya mau makan ditempat, tapi karna buru buru jadinya dibungkus. Mie ayamnya gerobakan, rame sama orang kerja yang lagi makan siang dan penjualnya berseragam. Ga penting ya? hehehe. Gue pesen mie ayam baso. Menurut gue rasanya enak. Lebih enak dari mie ayam yang biasanya gue makan. Basonya juga enak. Boleh nih.. Harganya masih terjangkau 15rb/porsi. Mau tau lokasinya? klik link di sini.

21. Sate Jando Belakang Gedung Sate (Mbok Ayu)

Sate Jando
Sumber: Dipotret Penulis Sate Jando hits karna sate ini berarti sate bagian susu sapi. Kaget ya? guepun kaget. Sempet 3x muter Gedung Sate sebelum sampe tempat ini. Gue pesen sate campur, isinya sate jando, sate ayam, sate sapi dan lontong. Bagaimana rasanya? Untuk rasa sate ayam dan sate sapi biasa aja, rasa sate jandonya enak, kenyel kaya lemak. Bumbu kacangnya manis, makin enak karna gue suka manis. Harga perporsi 25rb. Lokasinya di mana? klik link di sini.

22. Bebek Ali Borme

Bebek Borme
Sumber: Dipotret Penulis Bebek yang satu ini cukup terkenal dikalangan para pencinta kuliner. Tempatnya ga terlalu besar dan berada di antara rumah makan yang ada di DU. Ada asal muasal nama bebek borme, dulu bebek borme ini berada di depan rumah sakit Borromeus.

Gue pesen satu porsi bebek. Menurut gue bebeknya biasa aja sih. Mungkin karna gue yang ga terlalu obses dengan bebek. Bebek itukan banyak kulitnya yaa, sedangkan gue menghindari makanan kulit, jadinya berasa kaya ga makan, dagingnya dikit. Sambelnya manis ga terlalu pedes. Harga satu porsi 23rb. Mau tau lokasinya? klik link di sini.

23. Dapoer Pandan Wangin – Patuha

Pesanan di Pandan Wangi
Sumber: Dipotret Penulis Karna gue salah satu penikmat snapgram reza chandika, gue jadi kepo nih sama si terong raos. Setelah cari tau, ternyata terong raos ini ada di Pandan Wangi. Langsung meluncur ke sana karna udah masuk jam makan siang. Tempat duduknya cukup banyak, jadi masih kebagian tempat duduk. Setelah melihat lihat menu, memutuskan pesan nasi merah, kangkung, ayam bakar, dan tak lupa si terong raos.

Waduh pas terong raosnya dikeluarin baunya semerbak banget… mulut udah ngecap aja bawaannya. Pas dicobain, wah mantep! beneran enak. Tapi… minyaknya banyak banget bu. Agak mikir mikir ya makannya. Bingung ngebakar kalorinya hahhaha. Tepungnya sih yang bikin enak banget. Untuk menu yang lain rasanya biasa aja. Memang terong raosnya juara! Harga makanan di sini masih bersahabat kok. Mau tau lokasinya? klik hyperlink di sini.

Mau ke Jatinangor? Yuk cobain kuliner ini!

24. Ayam Penyet Bu Erte

Tampak Depan
Sumber: Dipotret Penulis Ayam Penyet Bu Erte
Sumber: Dipotret Penulis Lagi pingin ayam, pas banget lagi di daerah DU. Temen gue yang ngekos di DU bilang, ayam penyet ini sambelnya enak. Langsung cus ke sini. Agak susah kalau buat temen teman yang bawa mobil, tempatnya di dalem gang.

Gue mesen ayam dada + tahu + hati, pas mesen di tanya sambelnya mau pedas, sedang, tidak pedas. Terus ditanya lagi mau asin atau manis. Kali ini mau pedesnya sedeng dan manis. Menurut gue sambelnya sedep sih.. passs. Ayamnya juga enak ga hambar. Mantep deh! Harga ayam + tahu + hati + teh panas 22,5rb. Harganya sangat mahasiswa. Mau cobain juga? klik hyperlink di sini.

Makan Malam di Bandung
25. Sate DJ

Sate DJ
Sumber: Dipotret Penulis Sate DJ yang hits diantara kalangan muda maupun tua. Posisinya dekat dengan alun-alun Bandung. Pas gue sampe, rame banget. Tapi masih dapet tempat duduk kok. Gue pesen sate ayam asin pedas sedeng dan sate sapi asin pedes sedeng. Eh ga lupa nasi sama kuahnya. Menurut gue buat pencinta asin pasti suka sate ini. Sate ayamnya enak, tapi kalau sate sapi biasa aja. Kuahnya asin gurih. Sate ayam (15rb/10potong), sate sapi (17rb/10potong), nasi 5rb dan kuah 4rb. Mau tau lokasinya? klik link di sini.

26. Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu

Ayam Goreng Suniaratu
Sumber: Dipotret Penulis Ayam Goreng Suniaratu
Sumber: Dipotret Penulis Malam ini gue lagi pingin makan ayam goreng. Langsung menuju Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu. Tips nih karna ayam goreng ini rame, 1 orang yang mesen, yang lainnya cari tempat duduk. Nah sistem mesennya itu kita ambil sendiri makanannya, ada ayam, tahu tempe, persatean, dan kol goreng. Nanti kita dikasih nomor antrian. Jangan sampe lupa nomor antriannya ya.

Setelah sekitar 15 menit nunggu, akhirnya nomor antrian gue dipanggil. Menurut gue ayamnya enak karna bumbunya meresep sampe dalem. Rasa manisnya dominan, karna memang ayam dikecapin terus di goreng. Tahu dan hatinya juga enak, cuman gue biasa aja dengan sambelnya, gue cuman merasakan manis di sambelnya. Harganya 27rb untuk makanan yang gue pesan. Mau tau lokasinya? klik link di sini.

Oleh – oleh Bandung
27. Bolu Bakar Tunggal

Roombutter
Sumber: Dipotret Penulis Kayaknya ga afdol ke Bandung gak bawa oleh-oleh. Kali ini gue mau beli Bolu Bakar. Kata temen, bolu ini enak. Gue pesen roombutter dan coklat. Karna keburu kepo, gue cobain duluan sebelum sampe rumah. Menurut gue bolu bakarnya empuk, manis, enak deh. Apalagi yang roombutter, boleh nih jadi salah satu pilihan untuk oleh-oleh. Harganya mulai dari Rp38.000an. Mau tau lokasinya? klik link ini.

Itulah beberapa kuliner yang bisa kalian icip. Gue juga pernah icip bubur kosambi, roti gempol, kupat tahu gempol, dan karnivor restaurant. Semua makanan itu juga enak! cuman gue ga ada fotonya hehehe..

Masih banyak lagi makanan yang belum gue coba, ada rekomendasi kuliner di bandung yang harus gue icip? komen di bawah ya 🙂