07/05/2021

25 Makanan Khas Cirebon Yang Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Kota Cirebon dikenal sebagai salah satu wilayah kerajaan di Jawa Barat. Kota ini memiliki ragam tempat wisata bersejarah seperti Keraton Kasepuhan Cirebon dan sebagainya. Namun, di kota ini kamu juga akan menemukan sajian kuliner yang unik dan menggugah selera. Lantas, makanan khas Cirebon apa saja yang bisa kamu coba saat liburan ke sini? Simak rekomendasinya berikut.

1. Empal Gentong
Sumber gambar: instagram.com/lisa.nugrohoBagi masyarakat Cirebon, empal gentong adalah kuliner yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba. Terutama saat perayaan hari-hari besar keagamaan seperti lebaran. Penyajian empal gentol menggunakan kuali dari tanah liat. Empal gentong terbuat dari daging sapi pilihan sehingga memiliki tekstur yang lembut.

Memasaknya pun juga membutuhkan waktu lama yakni kurang lebih selama 5 jam. Kuahnya pun sangat lezat dan gurih. Apalagi kalau disantap bersama jeroan. Untuk harganya kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp17.000 hingga Rp25.000 untuk satu porsinya.

Baca juga:

2. Mi Koclok
Sumber gambar: instagram.com/gembulfoodieSeperti namanya, bahan dasar dari makanan khas Cirebon yang terbuat dari mi. Bahkan kuliner ini sudah ada sejak tahun 1945-an dulu. Saat disajikan, mi koclok makin lengkap dengan ayam suwir dan telur iris. Makin segar dengan adanya tauge dan tambahan daun bawangnya. Kuahnya berasal dari santan yang dibuat menggunakan aneka ragam bumbu yang khas.

Untuk menikmati satu porsi mi koclok, kamu bisa mengunjungi Warung Pak Edy. Konon, keluarga Pak Edy inilah yang pertama kali mempopulerkan kuliner mie koclok. Makin pas lagi kalau menikmatinya dalam keadaan panas. Ditambah lagi dengan satu gelas teh yang segar. Kamu bisa menyantapnya pada saat jam makan siang ataupun makan malam.

three. Nasi Lengko
Sumber gambar: instagram.com/zona.makananNasi lengko menjadi salah satu makanan khas Cirebon yang menyehatkan. Ini karena dalam nasi lengko banyak menggunakan aneka ragam sayuran. Semakin segar dan nikmat karena diguyur dengan menggunakan saus kacang yang lezat. Antara gurih, lezat, dan segar semua menjadi satu.

Bisa dibilang kalau nasi lengko ini sebagai nasi pecel khas Cirebon. Di dalam satu porsi nasi lengko biasanya lauk yang disajikan adalah tahu goreng, tempe goreng, tauge, dan taburan daun kucai. Satu porsinya juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp10.000 saja.

four. Sate Kalong
Sumber gambar: instagram.com/tukangjajanidSate kalong? Kamu mungkin akan berpikir jika sate ini terbuat dari daging kelelawar. Jangan salah, meskipun namanya sate kalong bahan baku sate khas Cirebon ini tidak menggunakan daging kelelawar sama sekali. Disebut sebagai sate kalong karena dijual pada saat malam hari seperti jam kelelawar.

Sate kalong tidak hanya unik dari namanya saja, tetapi juga dari daging yang digunakan. Jika kebanyakan daging yang digunakan adalah daging ayam atau daging kambing, maka daging sate kalong menggunakan daging kerbau. Begitu juga dari segi rasanya cukup manis. Kamu pun bisa mencocol sate kalong ini dengan sambal merah yang segar.

5. Kerupuk Melarat
Sumber gambar: instagram.com/the.lucky.bellyAda makanan khas Cirebon yang mungkin terdengar aneh di telingamu, yakni kerupuk melarat. Meski namanya melarat, tenang saja ShopBackers kamu tidak akan menjadi miskin saat membeli kerupuk ini. Justru bikin kamu ketagihan dan bisa kamu jadikan oleh-oleh dari Cirebon dengan harga yang murah. Sehingga kamu bisa membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

Kerupuk melarat semakin enak kalau dimakan bersama saus kacang yang bercita rasa pedas dan disiram di atasnya. Uniknya lagi kerupuk melarat memiliki warna-warni yang dapat menggugah selera. Jadi makin penasaran kan sama kerupuk khas Cirebon ini?

6. Bubur Sup
Sumber gambar: instagram.com/anggautomo99Biasanya sup disajikan bersama nasi putih hangat. Namun, di Cirebon ada yang berbeda, ShopBackers. Sup di sini disajikan bersama bubur yang lezat. Bubur sup ayam di Cirebon disajikan dengan berbagai macam tambahan lauk dan isi. Mulai dari tauco, sayur kol, daun bawang, ayam, dan kerupuk. Jadi, bisa dibilang bubur sup ini adalah paduan dari sayur sup dan bubur ayam.

Jika kamu ingin menikmatinya, bisa mencarinya pada malam hari. Mulai di pedagang kaki lima hingga rumah-rumah makan di daerah Cirebon. Kalau kamu suka pedas bisa menambahkan sambal pedas yang dipadu dengan tomat yang akan memberikan kesegaran tambahan.

7. Tahu Gejrot
Sumber gambar: instagram.com/chacabby_Tahu memang nikmat disantap saat masih hangat. Terlebih lagi disantap bersama petis atau cabai. Di Cirebon, tahu juga dijadikan sebagai bahan dalam membuat kuliner lezat. Apa lagi kalau bukan tahu gejrot, ShopBackers. Tahu gejrot kerap dijadikan sebagai camilan tradisional yang nikmat dan gurih. Dalam penyajiannya, tahu gejrot disiram dengan bumbu yang terbuat dari bawang putih, bawang merah, dan gula merah serta cabai yang telah dihaluskan.

Tahu gejrot banyak dijual para pedagang di berbagai tempat di Cirebon. Waktu yang tepat untuk menikmati tahu gejrot adalah pada jam makan siang. Harga satu porsi tahu gejrot juga sangat murah. Yakni mulai Rp5.000 saja dan kamu bisa mendapatkan makanan dengan rasa yang gurih dan lezat ini.

eight. Empal Asem
Sumber gambar: instagram.com/gakenyangkenyangSelain empal gentong, olahan empal lainnya yang menjadi ciri khas makanan khas Cirebon adalah empal asam. Jika empal gentong memiliki rasa yang gurih dan lezat, maka empal asam memiliki rasa yang asam. Rasa asam inilah yang memberikan kesegaran di mulut saat pertama kali mencicipinya. Rasa asam tersebut berasal dari belimbing wuluh pilihan sebagai bumbunya.

Bahan baku lainnya dalam pembuatan empal asem adalah daun bawang dan adanya irisan daging serta tomat menambah kesegaran kuah beningnya. Empal asam memiliki tekstur daging yang empuk. Lauk tambahannya yang bisa kamu santap adalah babat. Makin nikmat lagi kalau kamu menyantapnya bersama dengan nasi hangat.

9. Serabi
Sumber gambar: instagram.com/cak_moendez_serabisoloSerabi Cirebon memiliki rasa yang gurih dan menyegarkan. Makanan khas Cirebon yang disantap bersama santan ini sangat pas dimakan sebagai camilan dan pengganjal perut saat lapar atau sebelum makan makanan berat. Untuk bisa menikmati serabi Cirebon, kamu harus datang pagi-pagi di pasar tradisional. Sebab, pada saat pagi hari banyak pedagang yang menjualnya sebagai menu sarapan.

Berbeda dengan cara memakan serabi Jawa yang menggunakan gula merah, maka serabi di Cirebon dimakan dengan gorengan. Meski terbilang kue tradisional, saat ini serabi Cirebon mulai bertransformasi menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Salah satunya adalah penyajiannya yang memiliki cita rasa kekinian. Contohnya saja ada serabi original dan serabi yang menggunakan topping aneka rasa seperti rasa cokelat, susu, dan keju.

10. Gado-Gado Cirebon
Sumber gambar: instagram.com/nina_epicureGado-gado juga banyak kita temukan di berbagai daerah di Indonesia. Namun, untuk gado-gado Cirebon ini memiliki ciri khas karena menggunakan daging ayam sebagai campuran lauknya. Selain itu, lauk pauknya pun beragam mulai dari ayam suwir, mentimun, kentung, hingga telur rebus. Bumbunya bukan hanya dicampur dengan saus kacang saja, melainkan juga dengan kuah kari. Inilah yang menambah nikmat lezat rasanya.

Penjual gado-gado Cirebon sangat mudah ditemui di berbagai sudut kota Cirebon. Adapun warung yang terkenal dan menjadi favorit masyarakat dan wisatawan di Cirebon adalah yang ada di Jalan Lawanggada yang lokasinya dekat dengan Pasar Sumber. Selain itu, juga ada gado-gado Cirebon di Jalan Kesambi.

11. Sambal Terasi
Sumber gambar: instagram.com/cicie_kitchenCirebon juga dikenal sebagai sentra terasi terbaik di Indonesia. Banyak usaha rumahan dan UMKM yang memproduksi terasi terbaik yang dipasarkan di seluruh tanah air. Terasi ini kerap dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan sambal yang nikmat dan segar.

Sambal terasi Cirebon memiliki rasa yang khas karena dibuat menggunakan udang rebon pilihan yang berukuran kecil. Biasanya sambal terasi disajikan bersama masakan lainnya misalnya ayam goreng, bebek goreng dan lainnya bersama lalapan sayur. Kamu juga bisa membeli terasinya dalam berbagai kemasan dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Cirebon.

12. Docang
Sumber gambar: instagram.com/bubueatawaySebenarnya, docang merupakan makanan khas yang pouler di kalangan masyarakat Sunda. Maka tak heran banyak ditemukan di beberapa daerah seperti Bogor dan Cirebon. Di Bogor makanan ini dikenal dengan doclang, namun agaknya sedikit berbeda dengan docang Cirebon. Perbedaan ini terletak pada bumbunya, doclang menggunakan saus kacang sedangkan docang memakai bumbu oncom.

Docang terdiri dari potongan lontong. Selain itu juga ditambahkan aneka lauk pauk. Lauk ini terdiri dari daun singkong, tauge, dan parutan kelapa. Harga docang yang biasa dijual oleh para pedagang di kaki lima maupun di rumah makan sangat beragam. Mulai Rp10.000 hingga Rp15.000 per porsinya. Ini tergantung besaran porsi dan campuran lauknya.

thirteen. Rujak Kangkung
Sumber gambar: instagram.com/cirebonberitaAda banyak bahan yang sering digunakan dalam pembuatan rujak, ShopBackers. Mulai buah hingga sayuran tertentu dan sesuai dengan selera. Jika kamu sedang liburan ke Cirebon, kamu akan menemukan kuliner rujak yang unik berbahan dasar sayur. Namun, di sini sayur yang digunakan hanya satu jenis yakni sayur kangkung.

Sayur kangkung yang akan dijadikan rujak akan direbus terlebih dahulu. Setelah matang, kangkung tersebut disiram dengan bumbu rujak yang lezat. Uniknya lagi, bumbu rujak kangkung menggunakan terasi udang asli Cirebon yang membuat rasanya semakin mantap. Kamu juga bisa menambahkan kerupuk udang saat menikmati satu porsi rujak kangkung Cirebon. Bagi kamu yang suka pedas bisa menambahkan cabai untuk memberikan cita rasa yang segar.

14. Entog Pedas
Sumber gambar: instagram.com/syefira29Entog termasuk salah satu unggas yang sekilas mirip dengan bebek. Namun, dari segi ukuran tubuhnya lebih besar dan lebih montok. Sama halnya dengan bebek, entog tak kalah enaknya dijadikan bahan dasar untuk membuat kuliner lezat. Masyarakat Cirebon, sering menjadikan entog ini sebagai bahan entog pedas.

Paduan gurih dan pedas akan kamu rasakan saat pertama kali menikmati entog pedas ini. Apalagi saat disiram dengan kuah yang gurih dan memiliki kelezatan yang khas. Akan lebih pas lagi apabila kamu menyantap satu porsi entog pedas dengan nasi hangat.

15. Sate Kentang
Sumber gambar: instagram.com/restorankembangSate tidak hanya terbuat dari bahan dasar daging saja, ShopBackers. Tetapi juga ada sate yang terbuat dari bahan lainnya. Contohnya sate yang ada di Cirebon ini dibuat dengan bahan dasar kentang. Maka tak heran jika disebut dengan sate kentang. Kentang yang digunakan dipotong secara melingkar panjang dan digoreng. Jadi, bukan dipanggang seperti sate biasanya ya.

Namun, sebelum digoreng sate kentang terlebih dahulu diberi beberapa bumbu racikan yang khas. Selain itu juga ditambahkan tepung agar membuat teksturnya menjadi renyah ketika dimakan. Sate kentang sangat nikmat dimakan saat masih hangat. Teskturnya pun sangat empuk sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja.

16. Gepu
Sumber gambar: Wikimedia CommonsBahan utama makanan khas Cirebon ini adalah singkong. Biasanya gepu disajikan dalam bentuk bulat dan memiliki isian di dalamnya. Isian tersebut bisa berupa oncom ataupun dage. Kemudian, gepu digoreng sampai matang dan ditiriskan agar minyaknya tidak terlalu banyak. Gepu memiliki cita rasa yang khas yakni lezat dan gurih.

Sebagian orang menilai jika gepu memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bakwan. Namun, bedanya hanya pada isiannya saja. Gepu sangat nikmat disantap ketika masih hangat. Apalagi kalau kamu memakannya sambil diselingi teh poci di sore hari. Mendapatkan gepu juga tidak sulit, karena banyak dijual di pinggir jalan dan kedai-kedai.

17. Growolan
Growolan adalah salah satu makanan khas Cirebon yang terbuat dari bahan dasar gaplek atau singkong yang telah ditumbuk halus. Kemudian, dalam proses pengolahan dan pembuatannya dicampur menggunakan kelapa parut. Di dalamnya juga terdapat gula merah cair yang memberikan sensasi manis dan legit saat kamu memakannya.

Meski sekarang sudah zaman modern dan banyak kue kekinian yang muncul, popularitas growolan tidak pudar. Masyarakat Cirebon dan wisatawan masih menyukai kue growolan yang berbentuk bulat ini. Growolan bisa didapatkan di pasar tradisional dan kedai kopi, kedai makanan dan tempat lainnya.

18. Gadungan
Tak hanya berhenti di situ saja, ShopBackers. Makanan khas Cirebon yang berupa kue dan bisa kamu nikmati di Cirebon lainnya adalah gadungan. Bahan dan olahannya sebenarnya sangat sederhana. Yakni dari singkong pilihan dan menggunakan parutan kelapa. Cita rasanya cenderung manis. Selain manis, kamu juga akan merasakan rasa yang gurih dalam setiap gigitannya.

Kue tradisional khas Cirebon ini masih bisa kamu temukan di pasar-pasar tradisional yang ada di sekitar kota. Bahkan, kalau kamu beruntung dapat membelinya di pedagang-pedagang keliling yang menjual kue tradisional, termasuk kue gadungan ini dengan harga yang sangat ramah di kantong tentunya.

19. Nasi Jamblang
Sumber gambar: instagram.com/audreymulyanaKurang lengkap rasanya ke Cirebon tanpa menyantap kuliner berupa nasi jamblang. Ciri khas yang mudah dikenali dari nasi jamblang ini adalah kemasan atau bungkus nasinya yang masih menggunakan daun jati hingga sekarang. Hal tersebut selain membuat berbeda dari nasi bungkus pada umumnya yang meggunakan daun pisang, daun jati juga menambah cita rasa gurih pada nasi jamblang.

Lauk pauk pelengkap nasi jamblang beragam mulai perkedel, ayam goreng, aneka bacem hingga cumi. Nasi jamblang dapat kamu beli di berbagai tempat makan, kedai, hingga pasar tradisional. Harganya mulai Rp2.000 – Rp20.000.

20. Kue Tapel
Sumber gambar: instagram.com/laurancia.vinaMakanan khas Cirebon yang wajib kamu nikmati bersama keluarga adalah kue tapel. Bahkan disebut-sebut, kue tapel ini adalah kue lekker-nya Cirebon, lho. Bahan bakunya menggunakan tepung beras, ketan, kelapa, pisang, dan gula merah. Sementara dari segi pembuatannya adalah menggunakan wajan yang besar dan dipenyet.

Masyarakat Cirebon biasanya menyantap kue tapel bersama teh hangat. Namun, teh hangat ini adalah teh tawar pahit. Salah satu penjual kue tapel yang masih eksis hingga sekarang adalah Kue Tapel Mbak Lena yang beralamat di Gang Alas Demang, Pekalangan, Pekalipan, Cirebon. Untuk harganya sangat murah yakni mulai Rp6.000 saja, ShopBackers.

21. Tape Ketan
Sumber gambar: instagram.com/harisetiawandzarTape ketan memang familiar bagi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Sebab, jajanan tradisional ini bisa kamu temukan hampir di tiap daerah. Akan tetapi, meskipun hampir sama, dari segi cita rasanya berbeda-beda, ShopBackers. Termasuk pula tape ketan yang berasal dari Cirebon ini. Proses pembuatan tape ketan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Bahan baku beras ketan haruslah melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Kemudian dibungkus dengan menggunakan daun jambu. Mengapa daun jambu? Karena akan memberikan cita rasa masam pada tape ketan ini. Dengan begitu, saat dimakan tape ketan ini memberikan rasa yang unik antara manis dan masam yang bercampur menjadi satu.

22. Ondal-Andil
Sumber gambar: instagram.com/liecuensiuOndal-andil adalah makanan khas Cirebon yang bisa kamu nikmati selanjutnya. Bahan baku pembuatannya adalah tepung tapioka dan adonan lainnya, ditambah lagi dengan warna merah yang khas membuatmu seolah ingin segera menyantapnya. Paduan gula pasir dan taburan parutan kelapa dalam penyajiannya juga menambah kenikmatannya, ShopBackers.

Tekstur ondal-andil sangat lembut dan kenyal saat dimakan. Penyajiannya dilakukan daun pincuk daun pisang. Bila dilihat lagi memang sepintas ondal-andil mirip seperti kue cenil yang merupakan kue khas dari Jawa Tengah.

23. Rarauwan
Sumber gambar: instagram.com/evi_noviyantiiKalau dilihat sekilas, rarauwan khas Cirebon ini sangat mirip dengan cireng yang biasa dijual di Jakarta dan Bandung. Akan tetapi, dari segi rasanya ada sedikit perbedaan. Perbedaan ini salah satunya adalah dicampur dengan kelapa parut dan kacang gendolo pada bagian dalamnya.

Saat pertama kali mencoba rarauwan, kamu bakalan merasakan kenikmatan rasa gurih yang khas. Apalagi dinikmati bersama secangkir teh atau kopi saat berkumpul bersama teman dan keluarga. Tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati rarauwan di Cirebon di antaranya adalah di sentra kuliner tradisional. Tepatnya ada di kawasan Pasar Kanoman dan Pasar Setu, Cirebon.

24. Wajik Komplang
Sumber gambar: FlickrWajik komplang termasuk kue khas dari Kota Cirebon yang masih bisa kamu temukan sampai sekarang. Kue ini semakin nikmat dan legit karena isinya terdiri dari berbagai macam bahan berkualitas dan pilihan. Seperti adanya kismis keju dan kacang almond. Dahulu, kue ini biasa disajikan di Keraton Cirebon untuk hari-hari besar atau ketika menyambut para tamu.

Namun, seiring berjalannya waktu, wajik komplang saat ini dapat dinikmati oleh siapa saja. Dan tidak hanya disajikan di keraton saat acara-acara kerajaan saja. Kamu pun dapat menemukannya di beberapa toko kue dan pasar tradisional di Cirebon. Harganya juga ramah di kantong. Wajik komplang juga sangat pas saat dinikmati dengan secangkir teh hangat.

25. Cirebon Kelana
Sumber gambar: instagram.com/cirebonkelanaKue dan makanan khas Cirebon yang terakhir adalah Cirebon Kelana. Bisa dibilang kue ini adalah kue kekinian yang cuma bisa kamu temukan di Cirebon, ShopBackers. Kerennya lagi, makanan unik satu ini adalah produk inovasi kuliner yang dikembangkan dan dimiliki oleh artis Ussy Sulistiawati.

Ada beberapa varian dari Cirebon Kelana yang bisa kamu pilih sesuai selera. Mulai dari cheesy lovers bagi pecinta keju, double choco crunchy dengan rasa cokelat yang legit, dan gedong kaya. Varian rasa lainnya adalah green tea pink bean, pink velvet, choco vanilla hingga durian. Lokasi outlet Cirebon Kelana ini ada di Jalan Siliwangi No.169, Kejaksan, Cirebon.

Wah, banyak sekali ya ShopBackers makanan khas Cirebon yang menggugah selera ini? Jadi, mana yang akan kamu coba lebih dulu saat liburan di Cirebon? Namun, sebelum liburan pastikan kamu awali dengan ShopBack untuk mendapatkan akomodasi dengan harga dan cashback terbaik yang lebih menguntungkan. Selamat liburan!

Baca juga: