07/05/2021

21 Tempat Kuliner Malam Di Jogja Yang Enak & Murah

Yogyakarta memiliki berbagai daya tarik tersendiri untuk para wisatawan baik lokal atau mancanegara untuk mengunjunginya. Karena memiliki banyak ragam budaya hingga berbagai tempat wisata.

Siapapun yang berkunjung ke tempat ini pasti akan merindukan keunikan dan kekhasan Jogja. Selain terkenal dengan kota pelajarnya, terkenal juga dengan olahan kulinernya dengan cita rasa khasnya seperti salah satunya Gudeg yang namanya sudah sangat tersohor diseantero nusantara.

Selain itu yang menarik dari tempat ini adalah makanan yang dapat diperoleh dengan harga sangat murah meriah yang bersahabat dengan dompet Anda. Berikut ini ada 21 tempat kuliner malam di Jogja yang wajib Anda kunjungi saat berada di kota pendidikan ini.

1. Sate Klathak
Lokasi: Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul. – Image Credit by Travelingyuk.com

Sate ini sangat terkenal di Kabupaten Bantul. Sate yang berasal dari olahan daging kambing memiliki bentuk penyajian yang unik. Tidak ditusuk menggunakan bambu melainkan dengan jeruji besi.

Salah satu warung sate klatak paling legendaris bisa Anda jumpai di warung milik Pak Bari yang dulu sempat digunakan sebagai part lokasi yang ada di movie AADC 2. Selain itu ukuran sate disini besar, jadi kapan Anda mencoba sate Klathak ini?.

2. Gudeg Bu Mardjo
Lokasi: Jl. Taman Siswa No.fifty six, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Youtube.com (Aneka Wisata)

Mampir ke Jogja tanpa makan gudeg memang serasa ada yang kurang. Salah satu rekomendasi untuk gudeg yang pedas ada diwarung ini. Walaupun hanya lesehan kaki lima tapi rasanya sangat nendang dan pastinya bikin nagih.

Harganya mulai dari 15 ribu hingga 25 ribu saja Anda bisa merasakan rasa gudeg yang tidak ada duanya ini. Warung ini sudah mulai buka sejak pukul setengah 10 malam.

3. Wedang ronde
Lokasi: Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Renaldifajarsetiawan.blogspot.com

Khas kuliner jogja yang tidak diragukan lagi adalah wedang ronde. Minuman ini terdiri dari potongan roti tawar, kacang tanah, candil dan kuah jahe yang hangat. Tentunya membuat banyak orang menyerbu warung Wedang Ronde Lek Dhie ini.

Selain rasa yang enak, penjualnya juga ramah. Ia juga suka memutar beberapa lagu dangdut untuk menemani pengunjungnya menikmati semangkuk ronde. Jika Anda berminat bisa langsung ke tempat ini sejak pukul 5 sore.

four. Soto Sampah
Lokasi: Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Krjogja.com

Jika Anda mengunjugi Soto Sampah, hal pertama tertuju pada bangunan warung yang nampak sederhana berupa tenda kaki pinggir jalan. Namun, bumbu soto yang disajikan sangat pas dan berasa begitu nikmat.

Seporsi soto yang disajikan pada warung ini ada nasi, kecambah, kubis, seledri, bawang goreng hingga siraman kuah soto yang hangat dan tentunya gurih berpadu dengan bumbu rempah.

5. Serabi Bandung
Lokasi: Jl. Affandi No.20, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman. – Image Credit by Youtube.com (Aneka Wisata)

Serabi salah satu makanan khas Bandung, namun tidak usah jauh-jauh Anda warga Jogja bisa menikmati enaknya serabi ini di warung Serabi Bandung milik Kang Sena Gejayan. Rasa yang gurih dan hangat memang nikmat untuk disantap kala malam hari.

Beraneka toping seperti nangka, keju, taro, green tea dan masih banyak lagi telah disiapkan untuk pengunjung. Warung ini buka mulai dari pukul 6 sore hingga 11 malam dan tentunya harganya sangat ramah dikantong yaitu sekitar 6 – eight ribu rupiah saja.

6. Sate Taichan Senayan Jogja
Lokasi: Jl. Kolonel Sugiyono No.19C, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.web

Kuliner yang lagi hits akhir-akhir ini ada sate taichan. Berbeda dengan sate pada umumnya. Sate ini memiliki cita rasa yang cenderung gurih dengan perpaduan asin karena dibakar tanpa bumbu kecap namun bumbu garam dan jeruk nipis.

Penyajian sate ini akan ditemai nasi putih, jeruk nipis dan tidak ketinggalan sambal yang khas sehingga tempat ini lumayan terkenal. Buka mulai dari pukul 17.00 hingga 24.00 sangat membuat tempat ini sepi pengunjung.

7. Warmindo Bu Siti
Lokasi: Jl. Sisingamangaraja No.35, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Limakaki.com

Warung ini menyediakan olah mie nyemek yang khas dengan rasa manis-nya Jogja. Tapi bagi yang suka pedas Anda bisa memesannya juga.

Namun Bu Siti tidak hanya memberi mie dengan bumbu kemasan saja, namun Ia memberikan racikan bumbu tambahan yang disediakan khusus sehingga rasanya berbeda dengan biasanya.

8. Bakmi Jawa
Lokasi: Jl. C. Simanjuntak No.1, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Pegipegi.com

Tempat kuliner malam di Jogja yang bisa Anda jumpai ada di Bakmi Jawa milik mbah Mo. Rasa yang enak tentunya dengan racikan bumbu legendaris sangat pas untuk mengganjal perut Anda yang keroncongan di malam hari.

Pada isian seporsi bakmi ini terdiri dari telur bebek, potongan daun kubis, mie kuning dan taburan bawang goreng maupun seledri, dengan harga sekitar 21 – 27 ribu sangat sebanding dengan rasa yang Anda peroleh pada tiap suapannya.

9. Angkringan Kopi Jos Lik Man
Lokasi: Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Visitingjogja.com

Sebenarnya Anda bisa temukan banyak angkringan yang ada di Jogja. Salah satunya angkringan Kopi Jos milik Lik Man yang terkenal dengan harga murah . Tidak heran jika tempat ini sangat terkenal dikalangan mahasiswa dan pelajar.

Menu yang ditawarkan ada nasi kucing atau nasi dengan ukuran kecil. Kemudian aneka gorengan, sate dan beberapa gorengan. Tidak lupa juga minuman panas atau dingin. Salah satu menu andalannya kopi Jos yaitu kopi hitam yang masukkan arang panas kedalamnya.

10. Gudeg Lesehan
Lokasi: Jl.margomulyo(Jend.A.YANI 41), Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Yogyes.com

Salah satu kuliner yang ada di Malioboro ini sangat direkomendasikan untuk Anda saat lapar di malam hari. Warung ini buka mulai jam 22.30 hingga pukul 03.00. Selain rasa masakan yang juara harganya juga tidak sampai menguras kantong.

Salah satu menu andalannya adalah nasi gudeg ceker. Pasalnya di tempat lesehan milik Bu Sastro, rasa gudegnya tidak terlalu manis dan cekernya yang gurih membuat seporsi nasi gudeg semakin lezat.

eleven. Angkringan Pak Jabrik
Lokasi: Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Gotravelly.com

Angkringan ini menyediakan banyak menu seperti nasi oseng tempe, nasi kucing, nasi lombok ijo dan masih banyak lagi. Lalu lauknya juga ada sate usus ayam, sate keong, tahu bakso dan lain-lain.

Jika Anda berminat untuk mencoba sate keong disini maka pastikan dalam rentang pukul 5 sore hingga pukul 1 pagi. Jadi, tidak jarang tempat ini banyak digunakan untuk nongkrong.

12. Nasi Goreng sapi Padmanaba
Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Quora.com

Rekomendasi kuliner malam berikutnya ada pada warung Nasi Goreng sapi Padmanaba yang tentunya menyajikan olahan nasi dengan daging sapi yang pastinya lezat sekali.

Sepiring nasi goreng ini hanya dibandrol sekitar 15 an ribu rupiah saja. Aroma rempah yang sangat berasa membuat nafsu makan Anda semakin lahap. Warung ini buka dari pukul 6 sore dan akan tutup saat pukul 12 malam.

13. Oseng-oseng mercon
Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.one hundred ten, Ngampilan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Idearmanto.com

Warung milik Bu Narti ini menjadi rekomendasi kuliner malam terutama bagi pecinta makanan pedas. Oseng mercon yang terbuat dari daging sapi maupun tetelan dan kulit sapi ini sangat menarik pengunjung karena rasa yang super pedas dan bumbu rempah khasnya.

Harga seporsi oseng ini dibandrol dengan 27 ribu rupiah saja, Ada banyak lauk yang bisa Anda pilih seperti bebek, puyuh, ayam, lele yang dibakar maupun digoreng.

14. Dimsum Uma Yum Cha
Lokasi: Jl. Kp. No.980, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Travelingyuk.com

Kuliner malam di Jogja yang wajib dicoba ada Dimsum Uma Yum Cha. Ada berbagai macam isian pada dimsumnya misalnya daging asap, wortel, udang hingga jamur dan kepiting. Rasa yang gurih memang sangat cocok ditemani dengan saos sambal.

Anda bisa mampir ke tempat ini sejak pukul 9 malam. Karena rasa yang sangat enak kedai ini pasti sudah banyak yang antri sejak pertama dibuka.

15. Martabak Kumkum
Lokasi: Jl. Prof. Herman Yohanes No.1060, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Gopinus.wordpress.com

Salah satu kedai martabak yang sangat direkomendasikan buat Anda ada di tempat ini. Kedai ini menyediakan menu martabak manis (terang bulan) dan gurih (martabak telur). Jangan khawatir disini juga ada banyak variasi toping.

Untuk marbabak manis ada rasa keju, coklat, wijen, tiramisu dan masih banyak lagi. Adapun jenis adonannya juga bermacam-macam seperti original, padan dan lain-lain. Cita rasa yang lezat ini pas banget sebagai teman nongkrong dalam suasana malam di Jogja.

16. Nasi Goreng Samsat
Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.28, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Twitter.com @Pink_Traveler

Bagi Anda menikmat olahan daging kambing, maka tempat ini cocok untuk Anda. Warung ini menyediakan nasi goreng kambing yang tentunya sangat lezat.

Berbeda dengan olahan pada nasi goreng umumnya. Pada setiap porsi yang disajikan terasa sangat enak, dan dagingnya juga segar karena pemilik warung memasak jika ada orderan saja.

17. Gudeg Pawon
Lokasi: Jl. Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Makanmakan.com

Gudeg disini khas karena Anda bisa langsung menyantap gudeg dari tempat memasaknya atau dapur. Sehingga tidak heran jika orang-orang menyebutnya Gudeg Pawon (Pawon dalam bahasa Jawa berarti dapur).

Rasa gudeg disini sangat enak jadi banyak antrean pembeli di tempat ini. Walaupun warung ini buka mulai pukul 10 malam namun tetap saja ramai pembeli.

18. Mie ayam Kamehame
Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.sixty four, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Kumparan.com

Mie ayam ini sangat cocok bagi penyuka pedas. Pada warung ini tersedia berbagai degree tingkat kepedasannya mulai dari degree 2 yang terdiri dari 12 cabe, hingga level 10 yang terdiri dari 80 cabe.

Kuahnya yang gurih dengan ukuran mie yang besar namun kenyal membuat siapapun yang mencoba pasti ketagihan. Anda bisa menikmati mie ini sejak warungnya dibuka pukul 10 malam.

19. Wedang Bajigur
Lokasi: Jl. Gedongkuning No.148, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.internet

Malam-malam rasanya kurang jika tidak ditemani dengan yang hangat seperti wedang bajigur ini. Minuman khas Jawa Barat ini terbuat dari gula aren dan santan berpadu menghasilkan minuman yang sangat lezat dengan tambahan kolang kaling.

Banyak tempat yang menjual bajigur di Jogja yang bisa Anda kunjungi, namun tempat ini menjadi favorit banyak orang. Buka mulai pukul setengah 5 dan akan ditutup saat dagangan beliau habis.

20. Nasi Campur Teri Gejayan
Lokasi: Jl. Affandi No.5B, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Mancode.id

Warung pinggir jalan ini menyediakan berbagai olahan makanan, harga yang murah membuat banyak orang menjadikan tempat sebagai tempat favorit saat lapar melanda termasuk para pelajar dan mahasiswa.

Warung ini buka dari pukul 9 malam dan akan berakhir pada pukul setengah four pagi. Walaupun buka dimalam hari tempat ini selalu ramai pengunjung.

21. Nasi Goreng Papua
Lokasi: Jl. Godean No.2, Kembang, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul. – Image Credit by Youtube.com (Aneka Wisata)

Warung kaki lima ini menyediakan berbagai olahan yang sangat beragam nasi goreng, capjay, bakmie, hingga mie. Tempat ini terkenal akan porsi jumbo dengan harga ramah dikantong.

Harganya hanya sekitar 12 – 15 ribu saja. Murah sekali bukan? Datang saja mulai pukul setengah four hingga 12 malam.

Malam-malam ada perut laper di kota orang, pasti membuat Anda ingin keluar untuk mencari makan, dengan beberapa rekomendasi kuliner malam di Jogja tersebut semoga dapat membantu Anda saat berlibur ke kota Gudeg ini.

About The Author
Alib
Penulis suka dengan petualangan dan gemar mengunjungi objek wisata terbaru. Membaca, menulis dan design menjadi rutinitas sehari-hari.