07/05/2021

Tips Mendesain Meja Tv Menjadi Serbaguna dan Artistik

Setiap dari kita bisa dipastikan memiliki televisi di rumah. Televisi memang disebut sebagai salah satu barang elektronik yang seolah wajib untuk dimiliki sebagai kebutuhan dasar. Selain sebagai hiburan keluarga, dari televisi banyak sekali informasi update yang bisa diperoleh. Ekonomi, budaya, lingkungan, dan lain sebagainya bisa didapatkan hanya dari satu benda ini.

Televisi umumnya diletakkan di ruang keluarga. Dan sebagai upaya untuk mempercantik penataan televisi tidak cukup diletakkan begitu saja di atas meja, digantung, atau ditaruh di dalam buffet. Televisi akan menambah nilai artistik seni di ruang keluarga apabila memiliki space tersendiri.

TV cabinet merupakan rak yang dirancang secara khusus sebagai tempat televisi. Saat ini sudah banyak desain TV cabinet yang dijual di toko mebel atau furniture, mulai dari paling simpel hingga paling rumit dan multiguna. Memilih TV cabinet yang benar tentu akan menjadi poin plus sebagai unsur desain ruang keluarga.

Nah, berikut ini, kami akan berikan tips dalam memilih dan mendesain TV cabinet agar menjadi serbaguna dan bernilai seni tinggi. Sehingga, nuansa berkumpul bersama keluarga menjadi bernilai. Yukk ikuti terus hingga akhir ya!

Sesuaikan Ukuran
Sebelum menentukan pilihan TV cabinet, terlebih dahulu lakukan pengukuran di mana nantinya rak akan diletakkan. Jika space di rumah masih luas, maka TV cabinetnya bisa dipilih yang ukurannya besar. Dan jika dirasa space di rumah sempit, maka besar TV cabinet bisa disesuaikan.

Warna
Agar tidak menimbulkan efek polkadot, pastikan kita memilih TV cabinet yang memiliki warna atau corak yang selaras dengan warna tembok ruangan di rumah. Tentu saja dengan warna yang selaras, kesan elegan akan semakin terasa. Bayangkan saja bagaimana jadinya jika tembok warna putih, kursi warna merah, dan TV cabinet warna hijau, pasti kurang enak dipandang.

Fungsi Multimedia
TV cabinet pastinya memiliki rak-rak khusus yang bisa dimanfaatkan untuk multimedia. Dengan demikian, kita bisa meletakkan DVD bahkan playstation di dalamnya. Dengan demikian, multimedia tambahan (selain TV) bisa tertata dengan baik tidak berserakan.

Perpustakaan Mini
Selain bisa digunakan untuk multimedia, Meja TV memungkinkan kita untuk memanfaatkannya sebagai perpustakaan mini. Kita cukup meletakkan buku-buku koleksi di kotak atau rak-rak cabinet yang masih tersisa. Khusus untuk pemanfaatan perpustakaan mini, sebaiknya cabinet dibiarkan terbuka agar koleksi buku bisa dilihat siapa saja, karena disitulah letak keindahannya.

Penataan semacam ini tidak hanya bernilai estetika, tetapi memberikan peluang kepada anak untuk tertarik kepada buku. Sesekali, kita bisa memberikan stimulus untuk mengambil buku dan membacanya. Dengan demikian, harapannya anak akan hobi membaca buku.

Penghias Ruangan
Jika masih ada space yang tersisa setelah digunakan untuk perpustakaan mini, kita bisa menggunakan TV cabinet sebagai saran menghias ruangan dalam arti nyata. Kita bisa meletakkan beberapa koleksi bunga di dalam vas untuk menambah kesan natural. Bunga yang dimaksud bisa bunga sungguhan ataupun bunga plastik yang elegan.

Menyimpan Camilan
Jangan biarkan ruang keluarga kita kehilangan nilai seni gara-gara camilan yang berserakan. Menonton TV memang paling asyik ditemani oleh camilan. Ngemil sambil nonton drama, itu sangat epic sekali. Tetapi, perlu diperhatikan, sebaiknya camilan disimpan dengan baik setelahnya. Jika masih memungkinkan, TV cabinet bisa dijadikan sebagai media penyimpanan camilan loh. Jika sewaktu-waktu butuh, tinggal ambil, tanpa jauh-jauh ke dapur.

Nah sobat, itulah sedikit informasi mengenai tips mendesain TV cabinet agar menjadi serbaguna dan bernilai seni di ruang keluarga. Semoga bermanfaat, Sobat!